September 23, 2014

BAB I : PENDAHULUAN Parts II

F.        Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Tahap pengumpulan data yang meliputi :
a)      Studi Literatur
Pengumpulan data dengan cara mengumpulkan literatur, jurnal, paper dan bacaan - bacaan yang ada kaitannya dengan judul penelitian.
b)     Obsrvasi ( Observasion )
Observasi merupakan metode pengumpulan data dengan mengadakan penelitian dan peninjauan langsung ke FSPMI PT.Musashi Auto Parts Indonesia terhadap permasalahan yang diambil.
c)      Wawancara ( Interview )
Wawancara  merupakan pengumpulan data dengan cara melakukan tanya jawab dengan pihak yang terkait dalam hal ini pihak pengurus FSPMI PT.Musashi Auto Parts Indonesia, untuk mendapatkan data - data yang sesuai dengan kebutuhan dalam penggunaan sistem ini ke depannya.
2.      Tahap pembuatan perangkat lunak yang meliputi :
a)      Analisis
Analisis merupakan tahap awal dimana dilakukan proses pengumpulan data, identifikasi masalah, dan analisis kebutuhan perangkat lunak hingga aktivitas pendefinisian perangkat lunak. Tahap ini bertujuan untuk menentukan solusi yang didapat dari aktivitas - aktivitas tersebut.
b)      Perancangan
Pada tahap ini dilakuakan pembuatan model perangkat lunak untuk memperoleh proses fungsional pemasukan data, kontrol dan desain antar muka.

c)      Implementasi
Pada tahap ini perangkat lunak yang akan dianalisis dan dirancang diterjemahkan ke dalam bahasa mesin melalui bahasa pemrograman  yang meliputi pembuatan kode program dan antar muka.
3.      Pengujian
Pada tahap ujicoba ini difokuskan terhadap aktivitas logika internal perangkat lunak, pemastian bahwa semua perintah yang ada telah diujicoba, dan memastikan bahwa dengan masukan tertentu suatu fungsi akan menghasikan keluaran sesuai dengan yang dikehendaki.
G.       Sistematika Penulisan
Penulisan skripsi dibagi menjadi lima bab pembahasan yang disesuaikan dengan persyaratan akademis penyusunan skripsi serta aturan - aturan lainnya yang bersifat mengikat. Berikut ini adalah uraian singkat mengenai masing - masing bab pembahasan yang ada dalam Skripsi ini.
BAB I PENDAHULUAN
Bab pendahuluan memuat latar belakang, identifikasi masalah, pembatasan masalah, tujuan dan manfaat penulisan, kerangkan pemikiran, metode penelitian, sistematika penulisan, lokasi dan waktu penelitian.


BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini memuat landasan teori yang menunjang penulisan skripsi antara lain sejarah telepon seluler, sejarah GSM, SMS, PDU, Perintah AT, Pemrograman Java, dan Database MySQL, UML ( Unified Modeling Language ).
BAB III ANALISA SISTEM
Bab ini memuat tentang sejarah perusahaan, struktur organisasi dan uraian tugas, dokumen input dan output, analisa prosedur sistem berjalan dan rekomandasi pemecahan masalah.
BAB IV RANCANGAN SISTEM
Bab ini akan menguraikan tentang prosedur sistem yang diusulkan meliputi usecase diagram, class diagram, squence diagram dan activity diagram, data sistem meliputi database, kamus data, struktur data dan rancangan input dan output yang meliputi desain program, spesifikasi program dan kode program.
BAB V IMPLEMENTASI DAN UJI KUALITAS SISTEM
Bab ini akan menguraikan spesifikasi sistem, prosedur operasional, implementasi sistem. Bab ini juga membahas mengenai cara penggunaan dan keterangan tampilan dari aplikasi yang telah dibuat, berikut evaluasi kelebihan dan kekurangan aplikasi, estimasi biaya dan analisa hasil program.



BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Bab terakhir ini memuat kesimpulan yang menjelaskan secara singkat mengenai hasil yang dicapai dari aplikasi yang dikembangkan dan saran yang dapat disampaikan mengenai hal-hal yang belum terdapat dalam pembuatan skripsi ini untuk kemungkinan pengembangan aplikasi yang lebih lanjut.
H.       Lokasi dan waktu penelitian
Penelitian ini dilakukan di FSPMI PT. Musashi Auto Parts Indonesia yang beralamat di EJIP Industrial Park Plot 3J-2 Cikarang Selatan -  Bekasi 17550, Indonesia. Penelitian dilakukan selama bulan Maret 2012 sampai dengan bulan Juni 2012.

    


No comments:

Post a Comment