September 23, 2014

BAB I : PENDAHULUAN Parts I

A.       Latar Belakang
Teknologi informasi yang berkembang pesat dewasa ini, telah mendorong percepatan di berbagai bidang. Hal ini juga yang menyebabkan munculnya kemajuan pada perangkat lunak dan diimbangi pula dengan kemajuan dan kecanggihan teknologi beserta perangkat kerasnya. Secara langsung ataupun tidak, teknologi informasi telah menjadi bagian penting dari berbagai bidang kehidupan. Karena banyak kemudahan yang ditawarkan, teknologi informasi hampir tidak dapat dilepaskan dari berbagai aspek kehidupan manusia.
Informasi sangat dibutuhkan dalam proses pengambilan keputusan. Keputusan yang baik dan tepat perlu di dukung oleh ketersedian informasi yang akurat, cepat dan cukup. Dengan informasi yang demikian, pimpinan suatu lembaga / organisasi dapat gambaran yang komplek dan spesifik dari suatu keputusan yang akan dirumuskan. Keputusan pun akan efisien dari aspek waktu karena data dapat diakses secara instan. Di samping itu keakuratan data lebih terjamin, sehingga keputusan yang dirumuskan akan lebih tepat dan dapat dirumuskan dalam waktu yang relatif lebih singkat. Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia ( FSPMI ) PT. Musashi Auto Parts Indonesia adalah organisasi buruh dengan jumlah anggota sekitar 1.700 orang.
Sistem yang berjalan saat ini dalam pengambilan suara pemilihan ketua FSPMI PT. Musashi Auto Parts Indonesia masih manual, dengan cara membagikan kertas suara pada setiap anggota. Masalah yang sering terjadi yaitu memerlukan waktu sekitar satu minggu untuk mempersiapkan pencetakan kertas suara sampai siap digunakan, pemborosan kertas dan mengantri dalam memilih. Ketika pemilihan ketua, sebagian anggota tidak hadir disebabkan karena keperluan lain atau jadwal ship kerja yang berbeda.
Polling merupakan salah satu alat bantu yang bagus dalam mengambil keputusan. Dengan polling, kita bisa mengetahui pendapat banyak orang mengenai permasalahan tertentu tanpa debat berkepanjangan, dalam hal ini penulis mencoba memanfaatkan teknologi short message service ( SMS ) sebagai media penyampaian suara dalam pengambilan keputusan. Selanjutnya penulis akan menampilkan hasil polling dalam bentuk SMS balasan, sehingga dapat diketahui hasil akhir secara akurat. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis tertarik mengangkat judul “ POLLING PEMILIHAN KETUA FEDERASI SERIKAT PEKERJA METAL INDONESIA BERBASIS SMS GATEWAY PADA PT MUSASHI AUTO PARTS INDONESIA CIKARANG “
B.        Identifikasi Masalah
Berdasarkan permasalahan yang dikemukakan diatas maka identifikasi permasalahan yaitu :
1.      Bagaimana pemilihan ketua FSPMI PT. Musashi Auto Parts Indonesia yang berjalan selama ini ?
2.      Bagaimanakah proses pengolahan data dalam penghitungan suara ?
3.      Bagaimanakah hasil atau output dari pengolahan data penghitungan ini sudah efektif atau belum ?
C.       Pembatasan Masalah
Dalam penelitian ini perlu adanya batasan masalah supaya tidak menyimpang dari tujuannya. Penelitian ini hanya membahas persoalan polling SMS pemilihan ketua FSPMI dilingkup PT.Musashi Auto Parts Indonesia. SMS polling hanya sebatas koneksi modem bisa terdeteksi oleh program. Pengiriman SMS polling adalah orang – orang yang telah melakukan registrasi pada sistem sebelumnya. Pada saat ini sistem hanya menggunakan satu nomor sebagai pemrosesan SMS yang diterima ataupun dikirim. Pembuatan aplikasi ini dengan menggunakan pemrograman java dengan dukungan basis data MySQL dan modem.
D.       Tujuan dan Manfaat Penulisan
1.      Tujuan Penulisan
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian skripsi ini adalah untuk menghasilkan sebuah polling melalui SMS yang dapat dijadikan sebagai instrumen dalam pengambilan suatu keputusan dengan cepat dan akurat.



2.      Manfaat Penulisan
Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :
a)      Untuk membangun suatu sistem polling yang dapat digunakan sebagai instumen dalam mengambil sebuah keputusan.
b)     Untuk mempermudah dalam mendapatkan informasi hasil polling dengan mudah dan cepat.
c)      Untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari perkuliahan dan praktikum, sehingga nantinya dapat menambah keterampilan dan pengalaman penulis dalam membuat suatu program aplikasi.
E.        Kerangka Pemikiran
Sistem pemilihan ketua yang berjalan FSPMI PT. Musashi Auto Parts Indonesia masih dilakukan secara manual, dengan cara membagikan kertas suara pada setiap anggota. Masalah yang sering terjadi yaitu memerlukan waktu sekitar satu minggu untuk mempersiapkan pencetakan kertas suara sampai siap digunakan, pemborosan kertas dan mengantri dalam memilih. Ketika pemilihan ketua, sebagian anggota tidak hadir disebabkan karena keperluan lain atau jadwal ship kerja yang berbeda.
Dengan merancang sebuah aplikasi polling SMS gateway diharapkan dapat mengurangi masalah – masalah yang terdapat pada FSPMI PT. Musashi Auto Parts Indonesia.


Ada beberapa item yang menjadi kerangkan pemikiran penulisan ini antara lain :
1.      Masukan sistem
Masukan sistem yang digunakan dalam perancangan polling SMS gateway ini adalah :
a)       Input data anggota yang dilakukan oleh panitia.
b)      Input data calon ketua yang memberikan informasi nama, alamat, dan keterangan lainnya yang berhubungan dengan calon ketua.
2.      Prosedur Sistem
a)      Merancang proses pengisian data kedalam suatu form dan proses validasi data ( agar tidak terjadi kerangkapan data )
b)     Merancang form calon ketua.
c)      Merancang pembuatan laporan berdasarkan masukan sistem ( input ).
3.      Keluaran Sistem
a)      Laporan data anggota.

b)      Laporan data calon ketua.

No comments:

Post a Comment