Bab 1: Bagaimana Permulaan Turunnya Wahyu kepada Rasulullah صلی
الله عليه وسلم
dan Firman Allah Ta'ala, "Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu
kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya."
l. Dari Alqamah bin Waqash al-Laitsi, ia berkata, "Saya mendengar
Umar ibnul Khaththab رضي الله عنه
(berpidato 8/59) di atas mimbar, 'Saya mendengar Rasulullah صلی
الله عليه وسلم
bersabda, '(Wahai manusia), sesungguhnya amal-amal itu hanyalah
dengan niatnya (dalam satu riwayat: amal itu dengan niat 6/118) dan
bagi setiap orang hanyalah sesuatu yang diniatkannya. Barangsiapa
yang hijrahnya (kepada Allah dan Rasul Nya, maka hijrahnya kepada
Allah dan Rasul Nya. Dan, barangsiapa yang hijrahnya 1/20) kepada
dunia, maka ia akan mendapatkannya. Atau, kepada wanita yang akan
dinikahinya (dalam riwayat lain: mengawininya 3/119), maka hijrahnya
itu kepada sesuatu yang karenanya ia hijrah."
2. Aisyah رضي الله عنها
mengatakan bahwa Harits bin Hisyam رضي الله
عنه bertanya kepada Rasulullah صلی
الله عليه وسلم,
"Wahai Rasulullah, bagaimana datangnya wahyu kepada engkau?"
Rasulullah صلی الله عليه وسلم
menjawab, "Kadang-kadang wahyu itu datang kepadaku bagaikan
gemerincingnya lonceng, dan itulah yang paling berat atasku. Lalu,
terputus padaku dan saya telah hafal darinya tentang apa yang
dikatakannya. Kadang-kadang malaikat berubah rupa sebagai seorang
laki-laki datang kepadaku, lalu ia berbicara kepadaku, maka saya
hafal apa yang dikatakannya." Aisyah رضي
الله عنها
berkata, "Sungguh saya melihat beliau ketika turun wahyu kepada
beliau pada hari yang sangat dingin dan wahyu itu terputus dari
beliau sedang dahi beliau mengalirkan keringat"
3. Aisyah رضي الله عنها
berkata, "[Adalah 6/871] yang pertama (dari wahyu) kepada
Rasulullah صلی الله عليه وسلم
adalah mimpi yang baik di dalam tidur. Beliau tidak pernah
bermimpi melainkan akan menjadi kenyataan seperti merekahnya
cahaya subuh. Kemudian beliau gemar bersunyi. Beliau sering
bersunyi di Gua Hira. Beliau beribadah di sana, yakni beribadah
beberapa malam sebelum rindu kepada keluarga beliau, dan mengambil
bekal untuk itu. Kemudian beliau pulang kepada Khadijah. Beliau
mengambil bekal seperti biasanya sehingga datanglah kepadanya
(dalam riwayat lain disebutkan: maka datanglah kepadanya)
kebenaran. Ketika beliau ada di Gua Hira, datanglah malaikat
(dalam nomor 8/67) seraya berkata, 'Bacalah!' Beliau berkata,
'Sungguh saya tidak dapat membaca. Ia mengambil dan mendekap saya
sehingga saya lelah. Kemudian ia melepaskan saya, lalu ia berkata,
'Bacalah!' Maka, saya berkata, 'Sungguh saya tidak dapat membaca:'
Lalu ia mengambil dan mendekap saya yang kedua kalinya, kemudian
ia melepaskan saya, lalu ia berkata, 'Bacalah!' Maka, saya
berkata, 'Sungguh saya tidak bisa membaca' Lalu ia mengambil dan
mendekap saya yang ketiga kalinya, kemudian ia melepaskan saya.
Lalu ia membacakan, "Iqra' bismi rabbikalladzi khalaq. Khalaqal
insaana min'alaq. Iqra' warabbukal akram. Alladzii 'allama bil
qalam. 'Allamal insaana maa lam ya'lam. 'Bacalah dengan menyebut
nama Tuhanmu Yang Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari
segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Paling Pemurah. Yang
mengajar manusia dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada
manusia apa yang tidak diketahuinya. Lalu Rasulullah صلی
الله عليه وسلم
pulang dengan membawa ayat itu dengan perasaan hati yang goncang
(dalam satu riwayat: dengan tubuh gemetar). Lalu, beliau masuk
menemui Khadijah binti Khuwailid, lantas beliau bersabda,
'Selimutilah saya, selimutilah saya!' Maka, mereka menyelimuti
beliau sehingga keterkejutan beliau hilang. Beliau bersabda dan
menceritakan kisah itu kepada Khadijah, 'Sungguh saya takut atas
diriku.' Lalu Khadijah berkata kepada beliau, 'Jangan takut
(bergembiralah, maka) demi Allah, Allah tidak akan menyusahkan
engkau selamanya. (Maka demi Allah), sesungguhnya engkau suka
menyambung persaudaraan (dan berkata benar), menanggung beban dan
berusaha membantu orang yang tidak punya, memuliakan tamu, dan
menolong penegak kebenaran.' Kemudian Khadijah membawa beliau
pergi kepada Waraqah bin Naufal bin Asad bin Abdul Uzza (bin
Qushai, dan dia adalah) anak paman Khadijah. Ia (Waraqah) adalah
seorang yang memeluk agama Nasrani pada zaman jahiliah. Ia dapat
menulis tulisan Ibrani, dan ia menulis Injil dengan bahasa Ibrani
(dalam satu riwayat: kitab berbahasa Arab. dan dia menulis Injil
dengan bahasa Arab) akan apa yang dikehendaki Allah untuk
ditulisnya. Ia seorang yang sudah sangat tua dan tunanetra.
Khadijah berkata, Wahai putra pamanku, dengarkanlah putra
saudaramu!' Lalu Waraqah berkata kepada beliau, Wahai putra
saudaraku, apakah yang engkau lihat?' Lantas Rasulullah saw:
menceritakan kepadanya tentang apa yang beliau lihat. Lalu Waraqah
berkata kepada beliau, 'Ini adalah wahyu yang diturunkan Allah
kepada Musa! Wahai sekiranya saya masih muda, sekiranya saya masih
hidup ketika kaummu mengusirmu....' Lalu Rasulullah صلی
الله عليه وسلم
bertanya, 'Apakah mereka akan mengusir saya?' Waraqah menjawab,
'Ya, belum pernah datang seorang laki-laki yang (membawa seperti
apa yang engkau bawa kecuali ia ditolak (dalam satu riwayat:
disakiti / diganggu). Jika saya masih menjumpai masamu, maka saya
akan menolongmu dengan pertolongan yang tangguh.' Tidak lama
kemudian Waraqah meninggal dan wahyu pun bersela, [sehingga Nabi صلی
الله عليه وسلم
bersedih hati karenanya - menurut riwayat yang sampai kepada kami[1]
- dengan kesedihan yang amat dalam yang karenanya berkali-kali
beliau pergi ke puncak-puncak gunung untuk menjatuhkan diri dari
sana. Maka, setiap kali beliau sudah sampai di puncak dan hendak
menjatuhkan dirinya, Malaikat Jibril menampakkan diri kepada
beliau seraya berkata, 'Wahai Muhammad, sesungguhnya engkau adalah
Rasul Allah yang sebenarnya.' Dengan demikian, tenanglah hatinya
dan mantaplah jiwanya. Kemudian beliau kembali pulang. Apabila
dalam masa yang lama tidak turun wahyu, maka beliau pergi ke
gunung seperti itu lagi. Kemudian setelah sampai di puncak, maka
Malaikat Jibril menampakkan diri kepada beliau seraya berkata
seperti yang dikatakannya pada peristiwa yang lalu - 6/68]."
[Namus (yang di sini diterjemahkan dengan Malaikat Jibril) ialah
yang mengetahui rahasia sesuatu yang tidak diketahui oleh orang
lain 124/4].
4. Ibnu Abbas رضي الله
عنه berkata, "Rasulullah صلی
الله عليه وسلم
adalah orang yang paling suka berderma [dalam kebaikan 2/228], dan
paling berdermanya beliau adalah pada bulan Ramadhan ketika Jibril
menjumpai beliau. Ia menjumpai beliau pada setiap malam dari
[bulan 6/102] Ramadhan [sampai habis bulan itu], lalu Jibril
bertadarus Al-Qur'an dengan beliau. Sungguh Rasulullah صلی
الله عليه وسلم
adalah [ketika bertemu Jibril - 4/81] lebih dermawan dalam
kebaikan daripada angin yang dilepas."
[1] Saya (Al-Albani) berkata, "Yang berkata,
'Menurut riwayat yang sampai kepada kami" adalah Ibnu Syihab az-Zuhri,
perawi asli hadits ini dari Urwah bin Zubair dari Aisyah. Maka,
perkataannya ini memberi kesan bahwa tambahan ini tidak menurut syarat
Shahih Bukhari, karena ini dari penyampaian az-Zuhri sendiri, sehingga
tidak maushul, sebagaimana dikatakan oleh al-Hafizh dalam Fathul Bari.
Karena itu, harap diperhatikan!"
Sumber: Ringkasan Shahih Bukhari - M. Nashiruddin Al-Albani -
Gema Insani Press (HaditsWeb)
No comments:
Post a Comment