Cara Nabi Disihir dan Perangainya Pada Saat Disihir
Syaikh Shalih Al-Fauzan
Pertanyaan:
Apakah benar bahwa Nabi صلی
الله عليه وسلم
disihir; jika memang benar, bagaimana sikap beliau terhadap sihir dan
terhadap siapa yang menyihirnya?
Jawaban:
Benar, Nabi صلی الله
عليه وسلم
pernah disihir. Dari Aisyah -rodliallaahu'anha- bahwa Nabi صلی
الله عليه وسلم
disihir sehingga terbayang seolah-olah beliau melakukan sesuatu
padahal tidak melakukannya. Beliau mengatakan kepadanya pada suatu
hari, bahwa:
"Dua malaikat datang kepada beliau lalu salah
satu dari keduanya duduk di sisi kepalanya dan yang lainnya di sisi
kedua kakinya. Salah satu dari keduanya bertanya kepada yang lain,
'Bagaimana keadaannya?' Ia menjawab, 'Ia disihir.' Dia bertanya,
'Siapa yang menyihirnya?' Ia menjawab, 'Labid bin al-A'sham.' Dia
bertanya, 'Pada apa?' Ia menjawab, 'Pada sisir dan buntalan rambut
dalam sebuah mayang kurma di sumur Dzarwan.'" [1]
Ibnul
Qayyim berkata, "Segolongan manusia mengingkari hal ini. Kata
mereka, ini tidak boleh terjadi atas beliau. Mereka menyangkanya
sebagai kekurangan dan aib. Perkaranya bukan sebagaimana yang mereka
duga, bahkan ini sejenis perkara yang dapat berpengaruh kepada
beliau seperti penyakit. Ini adalah salah satu penyakit dan
menimpanya sihir ini kepada beliau seperti beliau terkena racun,
tidak ada perbedaan di antara keduanya."
Ia menyebutkan
dari Qadhi 'Iyadh yang mengatakan, "Sihir ini tidak menodai
kenabiannya. Adapun yang terbayang pada beliau bahwa seolah-olah
beliau melakukan sesuatu padahal beliau tidak melakukannya, maka
tidak ada dalam hal ini sesuatu yang mempengaruhi beliau sedikit
pun, berdasarkan dalil dan ijma' atas keterjagaan beliau dari hal
ini. Sihir tersebut hanya bisa mempengaruhinya dalam urusan
dunianya, yang mana beliau tidak diutus untuknya dan tiada kelebihan
karenanya. Beliau dalam hal ini bisa mendapatkan penyakit seperti
manusia lainnya. Jadi, tidak mustahil bila seolah-olah terbayang
pada beliau dari perkara-perkara dunia yang tiada hakikatnya.
Kemudian beliau terbebas darinya sebagaimana sedia kala."
Ketika
beliau mengetahui bahwasanya beliau disihir, beliau memohon kepada
Allah سبحانه و تعالى
supaya ditunjukkan tempat sihir tersebut. Kemudian beliau
mengeluarkannya dan membatalkannya, lalu lenyaplah sihir yang
menimpanya sehingga seakan-akan beliau lepas dari ikatan. Beliau
tidak menghukum orang yang menyihirnya. Bahkan ketika para sahabat
berkata kepada beliau, "Wahai Rasulullah, mengapa kita tidak
menangkap orang yang keji itu untuk kita bunuh?" Beliau menjawab, "Adapun
aku maka Allah telah menyembuhkanku, dan aku khawatir bila hal itu
berpengaruh buruk kepada orang lain." [2]
Footnote:
[1] HR. Al-Bukhari dalam ad-Da'awat,
no. 6391; Muslim dalam as-Salam, no. 2189; Ahmad, no. 23826 dan
lafal ini dari riwayatnya.
[2] HR. Al-Bukhari dalam ad-Da'awat,
no. 6391; Muslim dalam as-Salam, no. 2189; Ahmad, no. 23826 dan
lafal ini dari riwayatnya selain lafal, " Mengapa kita tidak
menangkap orang yang keji itu untuk kita bunuh?"
Rujukan:
Al-Muntaqa
min Fatawa asy-Syaikh Shalih al-Fauzan, jilid 2, hal. 57-58.
Disalin
dari buku Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 3, penerbit Darul Haq.